Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Kota Jakarta dengan populasi penduduk lebih dari 4 juta jiwa. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia maka menjadikan kota Surabaya sebagai pusat pendidikan, pusat perdagangan, pusat kebudayaan, pusat industri dan sebagainya. Bahkan kota Surabaya merupakan pusat perekonomian di kawasan timur Indonesia.

Sebagai kota metropolitan, akses transportasi dari dan menuju Surabaya sangat mudah. Bandara Internasional Juanda merupakan bandar udara terbesar kedua di Indonesia yang melayani berbagai rute penerbangan domestik dan internasional. Untuk transportasi darat, Terminal Purabaya atau biasa disebut dengan terminal Bungurasih yang terletak di Surabaya Selatan, merupakan terminal Bus terbesar di Asia Tenggara yang melayani berbagai jurusan baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa. Sedangkan di Surabaya Utara terdapat terdapat Terminal Bus Osowilongun yang melayani rute sekita Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura). Sedangkan untuk transportasi dalam Kota, dilayani melalui terminal-terminal dalam Kota seperti terminal Jayabaya, terminal Bratang dan lainnya. Sedangkan untuk transportasi Kereta Api, terdapat Stasiun Besar Gubeng dan Stasiun Besar Pasar Turi yang melayani rute dari dan menuju Surabaya, juga terdapat Stasiun Surabaya Kota dan Stasiun Wonokromo. Selain itu, untuk transportasi laut, dilayani melalui Pelabuhan Internasional Tanjuk Perak Surabaya yang merupakan salah satu Pelabuhan Internasional terbesar di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Walaupun sebagai kota metropolitan, biaya hidup di Surabaya tidaklah tinggi seperti kota-kota lainnya. Rata-rata biaya hidup di Surabaya berkisar dari Rp. 700.000,-   perbulan. Sedangkan untuk kos-kosan dapat dijangkau mulai dari Rp. 300.000,-/bulan.

Kampus Universitas Narotama, terletak di Kecamatan Sukolilo, kawasan Surabaya Timur yang sangat strategis. Kehidupan di sekitar kampus, khususnya pusat-pusat pemondokan mahasiswa terdapat di Kelampis, Keputih, Sukolilo, Kertajaya dan daerah lainnya yang sangat dekat dengan kampus Universitas Narotama, sehingga untuk menuju kampus, dapat dilalui dengan jalan kaki.